Ubi Jalar Ungu, Sederhana Dengan Khasiat Luar Biasa




Tidak banyak orang mengenal Ubi Jalar Ungu. Dan biasanya dilihat sebagai makanan yang kampungan atau ndeso. Walaupun makanan ndeso dan kampungan, ternyata banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan yang didapat dari ubi ini, bahkan sangat jauh dari makanan modern sekarang ini.

Lisin, Cu, Mg, K, Zn dengan kandungan 20% merupakan kandungan yang dimiliki umbi ini dan dapat menjadi sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Dari Ubi Jalar Ungu terdapat kandungan lain yaitu protein, lemak, serat kasar dan abu. Pigmen pada jenis tanaman ini mempunyai komposisi yang berbeda-beda dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin Ubi Jalar Ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Ada beberapa yang harus di ketahui mengenai khasiat yang terkandung dalam umbi unik ini,
antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara, oksidasi dalam tubuh dan menghambat penggumpalan darah sehingga kesehatan aliran darah lebih lancar.

Dengan betakaroten yang dimilikinya, vit E dan C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler. Serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon.

Pada ubi ungu ini terdapat Antosianin yang berfungsi fisiologis sebagai melawan virus dan kanker,  antioksidan, menjaga organ hati, melindungi organ vital tubuh seperti jantung dan penyakit stroke. Zat aktif selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga Ubi Ungu dapat menjadi anti kanker.

Ubi Jalar Ungu mempunyai pengelolaan zat aktif antioksidan dan antibakteri berkali-kali lipat lebih tinggi dari pada beberapa jenis dan macam blueberry. Selain umbi ini merupakan salah satu sumber karbohidrat terbesar yang berguna bagi tubuh dan memberi warna alami dan sehat baggi makanan.

Dari paparan di atas, kita akan tahu bahwa ubi ungu ini memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki makanan modern lainnya. Dilihat dari banyak manfaat kesehatan yang dihasilkan dari ubi ungu ini, tidak ada salahnya kita mencoba ubi unik ini.


Anda membaca artikel Ubi Jalar Ungu, Sederhana Dengan Khasiat Luar Biasa dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://bang-wisnu.blogspot.com/2013/02/ubi-jalar-ungu-sederhana-dengan-khasiat.html.


Backlink here..

Description: Ubi Jalar Ungu, Sederhana Dengan Khasiat Luar Biasa Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Ubi Jalar Ungu, Sederhana Dengan Khasiat Luar Biasa


Shares News - 20.42


Share your views...

0 Respones to "Ubi Jalar Ungu, Sederhana Dengan Khasiat Luar Biasa"

Posting Komentar

 

About Me

Top Auto Backlink

© 2010 Kang Wisnu All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info

Social Monkee